'disini untuk koding ga bisa di copy display:block; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;

.

Pulsa Murah

E-Learning Sebagai Penyempurna Proses Belajar-Mengajar Untuk Guru dan Murid di Indonesia


E-Learning merupakan sebuah cara atau metode pembelajaran yang memanfaatkan fungsi internet dan menggunakan media elektronik sebagai sarananya. Dari pengertiannya tersebut, bisa kita ketahui jika E-Learning merupakan suatu cara pembelajaran yang sudah modern. Dan sangat cocok jika di terapkan saat ini, karena teknologi informasi sedang maju dengan pesatnya. 

Bila kita lihat, keadaan saat ini justru sangat memprihatinkan bagi guru dan murid, karena mereka hidup di era teknologi Informasi yang maju pesat, tetapi dampak bagi proses belajar mengajar kurang terasa. Seharusnya pendidikan semakin maju seiring kemajuan teknologi dengan cara memanfaatkannya. Dan E-Learning adalah jawabannya. 

Banyak sekali yang berpendapat jika E-Learning adalah solusi pembelajaran terbaik untuk mempermudah proses belajar mengajar saat ini. Tetapi, ada pula yang berpendapat jika pembelajaran biasa atau konvensional itu lebih baik. Sebenarnya, kedua metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, diantaranya dalam hal interaksi, kecepatan, kelengkapan ataupun pengawasan. Alangkah lebih baiknya jika keduanya saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. 

 
Perpaduan kedua metode tersebut akan Melahirkan sebuah metode yang sempurna untuk pembelajaran di Indonesia saat ini. Tentu dari perpaduan tersebut, guru dan murid menjadi pihak yang paling berbahagia karena kemudahan dan keefektifan yang akan mereka rasakan. Karenanya, E-Learning menjadi jalan utama untuk kesempurnaan pembelajaran dunia pendidikan di Indonesia saat ini, sehingga guru maupun murid mampu memperluas ilmu dan pengalamannya dalam proses belajar-mengajar. 

Dilihat dari segi manfaat untuk guru dan murid, E-Learning harus di diterapkan sesegera mungkin demi terlaksananya proses belajar-mengajar yang ideal. Dalam penerapannya sendiri, tidak harus menerapkan E-Learning yang komplit seperti ICT(Information Communication Technology), cukup yang sederhana tetapi bisa dirasakan guru dan murid seluruh Indonesia. ICT memang sangat baik bagi perkembangan proses belajar-mengajar guru dan murid karena fasilitasnya sangat mendukung E-Learning yang baik, tetapi sayang hanya bisa mencakup wilayah perkotaan-perkotaan saja. Untuk wilayah pelosok akan menemui berbagai kendala, salah satunya keadaan geografis dan biaya. 

E-Learning yang paling baik untuk guru dan murid di Indonesia saat ini adalah yang mudah diakses oleh semuanya melalui berbagai perangkat elektronik, terutama telepon selular. Mengapa? Karena jaringan dari perusahaan telekomunikasi sudah mampu mencapai seluruh wilayah Indonesia, termasuk ke pelosok-pelosok, XL contohnya. Di tambah lagi dengan kepemilikan telepon selular yang hampir semua orang di seluruh Indonesia memilikinya. 



Beberapa contoh gambaran E-Learning yang bisa diterapkan bagi Guru dan Murid di Indonesia saat ini, diantaranya: 

Melalui media Sosial 
Pada contoh gambaran yang satu ini pihak sekolah bisa membuat suatu grup di media sosial seperti Facebook misalnya, sehingga memungkinkan seorang guru bisa berinteraksi dengan murid-muridnya diluar waktu sekolah. Mereka bisa membahas apa yang terasa kurang saat pelajaran di sekolah berlangsung, dan sedikit materi atau modul tambahan bisa guru berikan melalui tulisan di grup atau sebuah catatan. Melalui media sosial dirasa sangat ampuh, karena mudah penggunaannya dan paling sering di gunakan semua orang ketika mengakses internet. 

Adanya Peran Perusahaan Telekomunikasi 
Sebagai contoh gambaran yang kedua, peran perusahaan telekomunikasi sendiri bisa lebih jauh lagi dalam membantu menerapkan E-Leraning untuk guru dan murid. Mungkin mereka bisa menyediakan suatu menu E-Learning yang menyediakan modul-modul atau suplemen tambahan secara gratis untuk pembelajaran. Tentu modul atau suplemen tersebut tidak sembarangan tetapi didapat setelah berkordinasi dengan departemen pendidikan sehingga akan sesuai dengan kurikulum yang sedang berjalan. 

Selain hal itu, perusahaan telekomunikasi mungkin bisa membuat sebuah kartu sim khusus untuk guru dan murid yang memungkinkan mereka mengakses E-Learning di internet dengan murah bahkan gratis. E-Learning disini bisa yang berupa website pendidikan yang telah bekerjasama atau yang tersedia di website perusahaan telekomunikasi yang bersangkutan. Dengan adanya peran dari perusahaan telekomunikasi tersebut maka E-Learning akan menjadi hal wajib bagi guru dan murid ketika memerlukan suatu informasi tambahan dalam proses belajar-mengajar, karena cukup di akses dari telepon selular. 

Pembuatan Website Forum untuk Guru dan Murid 
Dan untuk contoh gambaran ketiga, mungkin pemerintah dan perusahaan telekomunikasi menjalin kerjasama dalam E-Learning untuk guru dan murid. Misalnya departemen pendidikan setiap wilayah atau nasional bisa membuat sebuah website forum bagi guru dan murid yang dapat diakses melalui berbagai perangkat elektronik. Tentu fitur-fitur yang ada bisa lebih komplit lagi di banding dengan menggunakan media sosial. Banyak sekali saat ini website forum yang bagus untuk dijadikan sebagai contoh, di dalamnya memungkinkan guru dan murid bisa berinteraksi lebih, bahkan bisa melibatkan multimedia. 

Dalam website forum tersebut murid dan guru akan terbagi sesuai tingkatan pendidikannya berdasar ID yang mereka miliki, sehingga guru dan murid sekolah dasar tidak akan berada di lingkup SMP atau SMU, begitupun sebaliknya. Dalam prosesnya, mereka bisa membuat tread khusus sesuai pelajaran atau topik yang akan mereka bahas, baik dalam lingkup grup sekolah dan kelas masing-masing maupun umum. Selain ilmu, para murid dan guru juga akan mendapatkan pengalaman berbagi dan keterbiasaan dengan teknologi informasi. 

Dengan adanya forum ini, bisa menjadi pertimbangan jika dalam satu minggu ada satu hari yang di gunakan untuk E-Learning. Dalam satu hari tersebut, guru dan murid melakukan kegiatan belajar-mengajar sebagaimana biasanya, tetapi disesuaikan dengan media E-Learning. Sedikit gambaran, mungkin beberapa jenis tugas murid tidak dikumpulkan secara hardcopy tetapi melalui email, atau lampiran pesan. Mungkin jika ada tugas yang berbentuk makalah, mereka diminta menulisnya di catatan forum agar dapat di baca tema-temannya. Dan respon teman-temannya bisa menjadi sebuah nilai tambah bagi penilaian guru. 

Tiga contoh diatas hanyalah sebuah gambaran bagaimana E-Learning yang mungkin bisa di terapakan untuk guru dan murid di seluruh Indonesia. Inti dari semuanya adalah ilmu yang lebih, pengalaman dengan dunia IT, terutama internet, dan tentu saja guru dan murid seluruh Indonesia bisa merasakannya. Ketika suatu saat ICT bisa terealisasi di seluruh Indonesia, maka mereka akan mudah beradaptasi. 

Dari uraian diatas bisa di simpulkan jika E-Learning sangat berperan dalam membantu memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan adanya E-Learning, kemerataan mendapatkan ilmu lebih terasa karena adanya interaksi satu dengan yang lainnya, tidak terbatas suatu wilayah. Dan perlu diingat jika E-Learning hadir bukan untuk mengganti proses belajar-mengajar yang sudah ada, tetapi menyempurnakannya. Dampaknya, Guru dan murid di Indonesia akan semakin maju, karena tertantang untuk lebih kreatif, mengasah ilmu, dan menambah kemampuan. 

Semoga dengan adanya E-Learning, guru bisa lebih memaksimalkan kemampuannya untuk menghasilkan generasi bangsa yang lebih baik. Begitupun dengan artikel ini, semoga bisa bermanfaat untuk semua yang membacanya, Amiin. Terima Kasih. 


Warung Blogger

2 komentar:

  1. E learning salah satu cara kreatif untuk memajukan pendidikan Indonesia
    salam suppaa..........!
    eh supper!

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam supper jg hehehe
      E-Learning sang Penyempurna sebuah proses belajar mengajar

      Hapus