'disini untuk koding ga bisa di copy display:block; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;

.

Pulsa Murah

Inovasi Daihatsu Untuk Lingkungan


“Heal the world, make it a better place, for you and for me and the entire the human race”, itu adalah sepenggal lirik lagu Heal the World dari Michael Jackson yang menjadi inspirasi untuk membuat dunia ini lebih baik. Dan salah satu hal untuk membuat dunia ini lebih baik adalah dengan mencintai dan menjaga linkungan, sehingga terjaga dengan baik untuk masa depan umat manusia. Dan tentu saja banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk membuat lingkungan kita terjaga dengan baik, salah satunya adalah dengan Teknologi Hijau atau Teknologi Ramah Lingkungan. Dengan Teknologi Hijau lingkungan bisa terjaga, baik dari segi pemakaian bahan maupun pengurangan polusinya. Untuk mewujudkannya banyak pihak yang berjuang untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan ini, tidak terkecuali perusahaan mobil terkenal seperti Daihatsu.

Seperti slogannya yang berbunyi “Innovation for Tomorrow” , Daihatsu membuktikan keseriusannya untuk membuat mobil yang ramah lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Dengan menerapkan Teknologi Hijau, mobil-mobil Daihatsu akan mampu bersahabat baik dengan lingkungannya, baik dari segi bahan maupun emisinya, karena seperti yang kita ketahui mobil adalah salah satu penyumbang emisi yang banyak. Di dalam menerapkan Teknologi Hijau, Daihatsu memiliki 3 tahapan penting, diantaranya : Eco-IDLE Technology, 2-Cylinder Turbocharged Direct Injection dan Precious Metal-Free Liquid-Feed Fuel Cell.


Tahapan yang pertama yaitu “Eco-IDLE Technology” , dimana tahapan ini memiliki dua kelebihan utama, diantaranya :
  • Adanya sistem i-EGR yang mampu menghasilkan pembakaran dengan sempurna dan tentu saja meminimumkan keluaran gas CO2.
  • Adanya sistem eco-IDLE yang mampu melakukan pengaturan otomatis hidup-mati dari mesin ketika mengalami kemacetan, sehingga dapat mencapai efisiensi konsumsi dari bahan bakar.
Dari kelebihan-kelebihannya tersebut, dapat di ketahui bahwa tahapan ini sangat mengedepankan meminimalisir pengeluran gas CO2 dan efisiensi pemakaian bahan bakar. Sehingga mampu mengurangi polusi untuk lingkungan dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Tahapan yang kedua yaitu “2-Cylinder Turbocharged Direct Injection” , dimana tahapan ini memiliki tiga kelebihan utama, diantaranya :
  • Memiliki komponen yang lebih sedikit,sehingga lebih ringan dan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit.
  • Dengan "active ignition system" dan improvement lainnya, mampu melakukan pencapaian tingkat efisiensi bahan bakar sampai 30% lebih di bandingkan mesi-mesin Daihatsu yang sudah ada saat ini.
  • Dengan menggunakan sistem turbo, kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar mampu terwujud meskipun dengan mesin ber-cc rendah.

Dari kelebihan-kelebihannya tersebut, dapat di ketahui bahwa tahapan ini  sangat mengedepankan penggunaan sumber daya alam yang lebih sedikit untuk pembuatan komponennya, pencapaian efisiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara bagi pengguna.

Tahapan yang ketiga yaitu “Precious Metal-Free Liquid-Feed Fuel Cell” , dimana tahapan ini memiliki tiga kelebihan utama, diantaranya :
  • Ramah terhadap lingkungan karena Emisi CO2 nya nol.
  • Precious metal free, karena menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit dan biaya yang lebih rendah.
  • Kemampuan jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan teknologi fuel cell lain.

Dari kelebihan-kelebihannya tersebut, dapat di ketahui bahwa tahapan ini sangat mengedepankan pemakaian bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan dan penggunaan sumber daya alam yang lebih sedikit tentunya. Bahan bakar yang di pakai pada tahap ini adalah bahan bakar jenis baru, yaitu hidrazin hidrat (N2H4.H2O) . Bahan bakar ini terbuat dari hidrogen dan nitrogen yang memiliki kepadatan energi yang tinggi dan tidak memancarkan CO2, sehingga sangat baik untuk lingkungan.

Dari tiga tahapan di atas bisa kita ketahui bahwa Teknologi Hijau yang di terapkan oleh Daihatsu sangat menekankan kepada efisiensi bahan bakar, pengurangan emisi dan pemanfaatan sumber daya alam mentah yang minimal tanpa mengurangi kualitas. Dengan adanya Teknologi Hijau ini, maka mobil keluaran Daihatsu sangat ramah terhadap lingkungan dan harganya pun terjangkau oleh konsumennya. Selain kedua hal tersebut, secara tidak langsung konsumen ikut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan karena kepemilikannya terhadap mobil ramah tersebut.

Innovasi Daihatsu dengan Teknologi Hijau mampu menjawab opini publik, karena selama ini sebagian besar orang menganggap produk Teknologi Hijau itu sangat mahal harganya. Daihatsu membuktikan bahwa hal tersebut sudah tidak berlaku lagi dengan Teknologi Hijau yang mereka usung saat ini. Dengan Inovasinya ini, Daihatsu memberikan persembahan berharga untuk dunia, karena selain ikut menjaga lingkungan dan menggalakannya, hal ini bisa mejadi pendorong bagi perusahaan-perusahaan mobil lainnya untuk berinovasi demi menjaga lingkungan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mari kita dukung terus kemajuan Teknologi Hijau agar alam tercinta kita selalu ada untuk masa depan anak cucu kita, GO GREEN. ! . Terima Kasih

Sumber Referensi :
www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau
www.daihatsu.com
www.green-technology.org
machinedesign.com

20 komentar:

  1. he he he
    artikel ini bermanfaat banget sob, karena berkat ini Ane jadi tau ternyata mobil2 terdahulu itu ternyata tidak ramah lingkungan.
    semoga daihatsu bisa menjadi yang terdepan untuk memulai inovasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip..bener banget kawan..
      thanks dah komen ya..

      Hapus
  2. nice... kepp bloging... !
    mhon knjungn baliknya, trims :)

    http://achmadray.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-dari-daihatsu.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks atas komen nya ya bro..
      sukses selallu ya..

      Hapus
  3. GOKIL!!
    Mobil futuristik, kalo teknologi otomotif mengadopsi seperti ini semua, issue terhadap lingkungan dan bahan bakar minyak dunia bisa diminimalisir

    - awim

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih sang programmer java komen juga :). makasih ya bro..
      keren banget mobilnya, Daihatsu emang mantap bro..

      Hapus
  4. artikel yang cukup bagus dan menambah wawasan teknologi ... semoga teknologi di indonesia semakin baik ,,, keep bloging ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gi atas komen dan semangatnya..

      Hapus
  5. mudah mudahan menjadi teknologi yang dapat mengurangi resiko global warming .. thank bwd artikel yang sangat bermanfaat buat saya serta teman teman yang lain.

    BalasHapus
  6. weiiihhh penemuan teknologi yang canggih untuk masa depan,,,
    ilmunya sangat bermanfaat bgt buat saya jadi tambah pengetahuan,,thx bgt nih yang punya blog nya,,sukses terus yah,,,ditunggu artikel2 lain nya!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. thanks bro..
      thanks dah berkunjung ke sini ya..

      Hapus
  7. untuk bahan bakarnya sendiri ini bisa menempuh jarak berapa kilometer yah n bisa menempuh kecepatan sampe berapa km/h?untuk teknologinya sendiri saya rasa ini merupakan salah satu teknologi yang mementingkan tentang lingkungan jadi ini merupakan teknologi yang akan dijadikan mobil masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks dah komen gan aceng, ini memang teknlogi untuk masa depan yg lebih baik...

      Hapus
  8. yup,,, gue dukung banget nih,,, penghijauan ya X,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo'i bro, thanks dah komen bro..

      Hapus
  9. Keren daihatsu bkin mobil ramah lingkungan,,, udah ada yg d jual ke pasaran pa blum mobilnya? Tw masih konsep aj...
    Tp dri niatnya dah baik daihatsu bkin mobil ramah lingkungan,, trus berinovasi daihatsu tuk go green..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks komentarnya gan, klo bisa nanti pake id ya gan komentarnya agar saya bisa tahu agan.ok

      Hapus
  10. daihatsu mantep banget ya . . .
    Beli ah 3 mah

    BalasHapus