'disini untuk koding ga bisa di copy display:block; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;

.

Pulsa Murah

Yang Ku Rasa Dari Kota Cimahi


Jika ada yang bertanya apa arti Kota Cimahi bagiku, maka jawabannya adalah bagian dari sejarah hidupku. Sebagai seorang pemuda Cihanjuang aku sangat merasakan bagaimana perkembangannya.

Sebelum bercerita lebih banyak lagi, alangkah baiknya jika terlebih dahulu aku beritahu sejarah singkat Kota Cimahi. Kota ini pertama kali dikenal pada tahun 1811, pada waktu Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels membuat jalan Anyer-Panarukan. Dan pos penjagaannya berada di daerah yang sekarang menjadi alun-alun Kota Cimahi. Dengan adanya pembuatan jalur kereta api Bandung-Cianjur, Stasiun Cimahi, pusat pendidikan militer, rumah tahanan militer dan Rumah Sakit Dustira antar tahun 1874 sampai 1886, membuat Kota Cimahi semakin dikenal.

Ketika aku masih duduk di bangku SD, Kota Cimahi masih menjadi kota administratif dari kabupaten Bandung. Baru pada tahun 2001 Kota Cimahi menjadi kota otonom. Dari tahun tersebutlah Kota Cimahi menjelma mejadi salah satu kota yang kemajuannya terpesat di Indonesia. Yang tadinya di kenal menjadi terkenal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena dari periode tahun 2001 sampai 2013 Kota Cimahi berhasil membuat perubahan yang signifikan. Terlihat dari banyaknya penghargaan yang di raih Kota Cimahi sampai saat ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :


Beberapa penghargan yang pernah di raih Kota Cimahi
Sumber: cimahikota.go.id

Kota Cimahi terdiri dari 3 kecamatan, diantaranya Kecamatan Cimahi Utara, Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan, dan secara keseluruhan terdiri dari 15 kelurahan. Adapun batasannya, Kota Cimahi memiliki batasan administrative, di antaranya :
Utara : Kecamatan Parongpong, Cisarua dan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.
Timur : Kecamatan Sukasari, Sukajadi, Cicendo dan Andir Kota Bandung.
Selatan : Kabupaten Bandung Barat dan Bandung Kulon Kota Bandung.
Barat : Kecamatan Padalarang, Batu Jajar dan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat

Buatku yang paling awal terasa perubahannya di Kota Cimahi adalah keberadaan Pemkot, karena kehadirannya memberikan warna tersendiri bagi warga Cimahi dan sekitarnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena sekitar tahun 90an sampai akhir 2000an sebagian besar masyarakat Cimahi dan Cihanjuang menjadikan air terjun Curug Katumiri sebagai tujuan olahraga dan bersantai di hari minggu. Pada waktu itu, orang-orang berbondong-bondong lari pagi ke air terjun tersebut, yang waktu itu namanya masih Curug Panganten. Kini, dengan hadirnya Pemkot, haluan  tersebut berubah.


Gedung pemkot yang asri di antara pepohonan
sumber: koleksi pribadi

Setiap hari minggu pagi semua orang tumpah ruah ke Pemkot, bahkan pergi ke Pemkot di hari minggu sudah merupakan menu wajib bagi warga Cimahi dan sekitarnya. Akan menjadi sesuatu yang aneh jika ada seseorang yang belum pergi ke Pemkot di minggu pagi. Pasti banyak yang bertanya, ada apa sebenarnya di Pemkot Kota Cimahi?, sampai masyarakat Cimahi dan sekitarnya sangat mengidolakannya. Hal itu karena area Pemkot Cimahi sangat asri dan bersih, sehingga nyaman untuk berolahraga, berkumpul keluarga dan bersantai. Selain itu, di sana juga terdapat pasar kaget yang serba lengkap, sehingga setelah berolahraga atau bersantai, masyarakat bisa langsung berbelanja, komplit bukan.


Banyak orang yang menikmati week end di Pemkot
sumber: koleksi pribadi 

Sebelum gedung Pemkot berdiri, dulu daerah tersebut merupakan daerah persawahan yang luas. Pada waktu itu aku terbiasa berenang dan memancing di sungai Cimahi yang terdapat disana, tepatnya di bawah pohon Cangkring yang hingga kini masih ada. Bagiku pohon tersebut merupakan saksi bisu kemajuan Kota Cimahi. Pada awalnya pembangunan gedung Pemkot membuatku kecewa, karena takut alamnya akan berubah dan menjadikan daerah itu tidak menarik lagi. Tetapi, hasil sebaliknya yang aku rasakan, karena daerah itu menjadi magnet yang membuat warga Cimahi dan sekitarnya bahagia karena memiliki tempat kebanggaan.

Daerah persawahan yang biasa saja di sulap menjadi tempat gedung megah dan asri, karena yang aku rasakan, alam sekitarnya lebih asri dan teduh di banding sebelumnya. Selain itu area sungai pun di rawat sedemikian rupa, sehingga lebih tertata dengan baik. Secara pribadi aku ucapkan terima kasih karena telah menjadikan daerah tersebut lebih indah, terutama karena telah menjaga pohon Cangkring tetap berdiri untuk terus menyaksikan kemajuan yang akan di capai Kota Cimahi kedepannya.

Pohon Cangkring di Pemkot Cimahi
sumber: koleksi pribadi 

Setelah keberadaan Pemkot, semua bidang yang ada di Kota Cimahi tahap demi tahap berkembang dengan pasti. Keseriusan dan keuletan perangkat Kota menjadi kunci keberhasilan Kota Cimahi mencapai kesuksesan. Wilayah boleh kecil, tetapi kemajuannya bisa di sejajarkan dengan kota-kota besar, bahkan lebih. Yang aku kagumi itu adalah contoh baik dari Pemkot, sebagai pusat pemerintahan yang mampu memacu dan memberi contoh ke masyarakat. Yang paling aku rasakan adalah kebersihan dan pelayanan, karena kebersihan dan pelayanan yang baik kepada masyarakat mampu menyebar layaknya virus sampai ke seluruh masyarakatnya.

Dari bidang kesehatan, Kota Cimahi sudah memiliki empat rumah sakit sebagai sarana kesehatan yang memadai, diantaranya Rumah Sakit Dustira, Cibabat, Mitra Kasih dan Mal. Yang paling aku rasakan perubahannya adalah Rumah Sakit Cibabat dan Rumah Sakit Mitra Kasih. Hal tersebut mungkin karena jika ada keluarga yang sakit pasti kedua Rumah Sakit itu yang menjadi opsi, sehingga bisa menyaksikan perubahan yang terjadi.

RS Cibabat
sumber: koleksi pribadi 

Sedangkan Rumah Sakit Dustira merupakan Rumah Sakit legendaris, karena keberadaanya sejak tahun 1800an dan menjadikannya sebagai warisan berharga Kota Cimahi. Adapun Rumah Sakit Mal, merupakan Rumah Sakit terbaru bagi warga Kota Cimahi dan sekitarnya. Keberadaan Rumah Sakit ini menunjukan dedikasi yang tinggi Kota Cimahi untuk terus menjaga kesehatan warganya.

Dari bidang pendidikan, Kota Cimahi bisa di bilang berhasil, karena dari mulai SD sampai perguruan tinggi memiliki kemajuan yang signifikan. Misalnya untuk SD, banyak yang di gabungkan dan menjadi sekolah Mandiri kecuali almamaterku SDN Cibabat 2, tapi mungkin masih ada yang lainnya. Kata Mandiri di sini sangat berarti, karena menunjukan kemandirian dan kemajuan, dan terbukti berhasil. Untuk MTs/SMP dan SMA pun sama, karena aku bisa membedakan pada saat tahun 2000an ke bawah dengan keadaan saat ini, sungguh sinifikan. Waktu itu, sekolah yang favorit bisa di hitung dengan jari jumlahnya, tetapi sekarang sangat banyak pilihan, bahkan ada yang bertaraf Internasional.

Beberapa sekolah favorit yang ada di Kota Cimahi
Sumber: Tertera pada setiap gambar


Dari bidang kebudayaan, yang paling terasa oleh aku pribadi adalah budaya bersih seperti yang telah di singgung sebelumnya. Karena Kota Cimahi tidak akan pernah mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih sehat di tahun 2010 jika warganya tidak turut andil di dalamnya. Seperti yang aku bilang, Pemkot berhasil menularkan virus bersih dengan baik, karena mereka menyadari betapa berharganya Kebersihan sebagian dari Iman.

Lingkungan bersih di Kota Cimahi
sumber: koleksi pribadi 

Dari bidang wisata dan hiburan, Kota Cimahi dan sekitarnya semakin dilirik. Hal tersebut terjadi karena dorongan kemajuan yang ada. Yang paling aku rasakan keberadaannya adalah AWC (Alam Wisata Cimahi) dan AAS (All About Strawberry). Kedua tempat tersebut menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, dimana keduanya menggunakan konsep perkebunan sebagai unggulan. AWC dengan pesona perkebunan dan kulinernya yang khas dan memikat, sedangkan AAS dengan pesona kebun strawberinya.

AWC salah satu tempat wisata dan kuliner terkenal yang ada di Kota Cimahi
Sumber: www.alamwisatacimahi.com
Untuk kuliner, Kota Cimahi tidak di perlu di ragukan lagi. Berbagai jajanan tersedia lengkap, dari mulai jajanan sederhana sampai yang komplit, tapi tidak bisa kusebutkan semuanya. Diantara yang enak menurutku adalah baso mas Bejo, pasti hampir semua orang Cihanjuang mengetahui kelezatannya. Berikutnya adalah iga bakar, tapi sayang aku lupa nama tempatnya walau sering kesana, rasanya benar-benar jempolan kawan. Tapi jangan takut, walau aku tidak tahu namanya, tempatnya masih sejajar dengan baso mas Bejo.

Berikutnya yang menurutku enak, dan merupakan favorit terbaru adalah Donat Madu. Donat yang satu ini langsung menjadi buah bibir ketika kemunculannya, dan benar rasanya sangat lezat. Bila tidak percaya atau penasaran, silahkan datang ke Kota Cimahi, di jamin ingin datang lagi hehe. Makanan sudah, berikutnya adalah minumannya. Menurutku, es campur yang berada di jalan cihanjuang, tepat di depan belokan ke arah Pemkot adalah yang terbaik. Maaf aku sebutinnya panjang banget, solanya lagi-lagi Aku lupa namanya hehe. Jujur, aku pernah coba berbagai es campur di beberapa daerah yang pernah aku kunjungi di Jawa Barat, tetapi ini yang paling nikmat menurutku, mantap sekali. Tempat boleh sederhana, tetapi rasa tidak bisa bohong.
Salah satu kuliner jajanan yang wajib di coba di Kota Cimahi
sumber: koleksi pribadi 

Maaf ya sebelumnya, aku tidak bermaksud iklan ataupun memandang tidak enak tempat wisata dan kuliner lain yang ada di Kota Cimahi, tetapi hanya berbagi pengalaman saja. Karena makanan dan minuman yang kusebutkan adalah yang pernah kucoba sendiri, mungkin masih banyak kuliner yang tidak ku ketahui di Kota Cimahi. Dan bahkan lebih lezat dari yang kusebutkan sebelumnya.

Dan terakhir yang paling aku rasakan adalah dari bidang Teknologi Informasi, karena suatu kota yang maju pastilah ada alur informasi yang lancar di baliknya. Dan Kota Cimahi mampu membuktikannya dengan keberadaan websitenya, sehingga masyarakat dan perangkat pemerintahan bisa mendapatkan informasi yang di butuhkan dan edukatif. Dan yang paling menggembirakan bagiku dan para pelaku IT lainnya adalah pembangunan gedung Cimahi Cyber City (C3). Karena gedung tersebut di rencanakan untuk semua pelaku kreatif di dunia IT, apapun itu, tentunya yang bermanfaat dan membangun. Dan kedepannya semoga blogger di Kota Cimahi makin semarak dan mengharumkan kota ini.

Dari segi letaknya pun Kota Cimahi sangat setrategis karena di apit kota-kota penting di Jawa Barat. Sehingga sangat baik untuk berbisnis dan membuka usaha, karena merupakan jalur ke dan dari wilayah Bandung.

Lokasi Cimahi sangat strategis
sumber: koleksi pribadi 
Satu kata buat Kota Cimahi, kecil-kecil si cabe rawit. Aku sering risih jika mendengar ada orang yang bilang Kota Cimahi berhasil karena luas wilayahnya yang kecil, sehingga mudah untuk mengurusnya. Bukan bermaksud apa-apa, tetapi banyak sekali kota kecil di Indonesia yang kemajuannya tersendat-sendat. Dan banyak sekali yang beralasan karena kota kecil jadi tidak bisa maju, tetapi Kota Cimahi mampu membuktikannya, terbukti dari deretan penghargaan yang di raih.

Beberapa tempat kebanggaan yang ada di Kota Cimahi
sumber: koleksi pribadi 

Selamat ulang tahun yang ke 12 untuk Kota Cimahi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber Refferensi :
cimahikota.go.id
pengamatan pribadi
cimahi.com 
cimahi.faktualita.com


20 komentar:

  1. Donat madu
    Donat madu
    Donat madu
    Donat madu
    Donat madu
    Donat madu
    itu yang paling kepikiran dari Cimahi untuk saat ini wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaha..beneran mau nih, nanti ke Cimahi gw traktir bro..rasanya, mantap..!

      Hapus
    2. klo bungkus bawa k jakarta bisa gak bro? hahaha..
      _fajar

      Hapus
    3. hahahaa..bisa bro, insyaAllah gw kesana gw bawa Donat Madu :)

      Hapus
    4. tengkyu bro..ditunggu kehadirannya :))
      _fajar

      Hapus
    5. sip2 bro...
      tar maen ke Cimahi juga ya, biar fresh..jgn di Jakarta melulu..tar pusing heheehe

      Hapus
  2. waah...dulu pernah maen ke CIMAHI.... tp blm smpet jalan2 n wisata kuliner disana... :(

    mesti asri n enak2 yow!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheehe..sekarang makin asri bro..ayo maen lg ke sini :)

      Hapus
  3. di undang donk ke cimahi gw, plus ongkir pp nya ya :))

    -isnin-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahhaha..harus nunggu gw nikah dulu dong hahahaah

      Hapus
  4. Wah ane belum pernah ke bandung apalgi Cimahi, tapi kalo lihat reviewnya kayaknya buat ane gigit jari untuk hadir ke sana.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe..silahkan gan, Cimahi Kota Asri dan sejuk gan :)

      Hapus
  5. Kota cimahi ahay dehh..jd pgen ni bro berlibur di cimahi,, psti pmnadangan nya indah yaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah :), kata orang yg datang kesana dingin tapi kata saya biasa aj heheehe

      Hapus
    2. Iya mngkin kmu org cimahi kali,,jdi nya uda kbiasa ama dinginnya itu ;D
      kunjungin balik & komen balik yaa shay di
      http://joaniezz29.blogspot.com/2013/06/the-beauty-of-wisata-bandung.html

      Thnks ;)

      Hapus
  6. Sebelumnya saya belum pernah ke kota cimahi :D (paling ngelewat doang) :D tapi pas baca ini saya tertarik sama AWC (Alam Wisata Cimahi) dan AAS (All About Strawberry)karena saya suka yang bebau alam maklum ASGAR :D terus donat madunya itu ada juga di garut hahah....mantap cimahi semoga jadi kota yang maju dan bersih,bersih dari segala-galanya :D...harus coba main nih kapan-kapan mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo gi, berkunjung ke Cimahi :). Go to AWC
      oh iya, pas saya cek ternyata ada cabang yg Di Garut juga donat madunya :)

      Hapus
  7. Kunjungan pertama nih sob. Semoga kota cimahi lebih maju dari segalahal.

    BalasHapus
  8. permisi ya gan
    okeyprofits
    saya sudah coba dan rasakan keuntungannya
    sekarang giliran anda untuk merasakan dan menikmati keuntungannya
    modal 100 rb kita bisa untung jutaan rupiah hanya dalam 1 minggu.
    deposit 10 USD untung 1,5% perhari
    deposit 100 USD untung 2% perhari
    dan kita dapat bonus 5% untuk seiap member baru yg kita rekrut
    daftar dari url sya
    http://www.okeyprofits.com/register.php?ref=mhdadi27
    atau hubungi 087892336472 / 082166643133

    BalasHapus